Aturan Permainan Bola Voli

Aturan Permainan Bola Voli



1. Peraturan Sistem Pertandingan

Barkabar.com : Agar bermain bola voli dengan baik tentu saja kita harus tahu aturan tentang sistem permainan. Peraturan sistem permainan ini adalah hal-hal dasar yang harus diketahui para pemain voli. Terutama bagi mereka yang ingin menjadi pemain bola voli yang handal dan profesional.

Seperti permainan olahraga lainnya, seperti basket dan sepak bola, wasit voli juga harus memimpin permainan.
Selain wasit pertandingan untuk memimpin jalan, ada juga empat orang lain yang menjabat sebagai hakim garis dan pencetak gol dalam pertandingan bola voli.
Dalam setiap pertandingan di game olahraga bola voli, yang terdiri dari 8 tim kemudian akan digunakan sebagai kelompok utama terdiri dari 2 grup. Jadi ada 4 tim di masing-masing kelompok.

Setiap 1 tim voli ada 10 pemain.
10 pemain bola voli hanya 6 orang yang digunakan sebagai pemain utama, pemain utama akan berpartisipasi di lapangan. Sedangkan sisanya 4 orang adalah pemain pengganti.

Dalam bola voli untuk aturan pergantian pemain berbeda dengan sepak bola. Dalam permainan bola voli tidak ada batasan pada pergantian pemain utama dan cadangan. Substitusi dapat dibuat saat laga sedang berlangsung.
jumlah minimum orang yang bermain dalam olahraga permainan bola voli adalah 4 orang.

Apabila ada satu atau lebih dari satu pemain dari tim yang sama juga aktif bermain untuk olahraga lain selain  olahraga bola voli, akan ada penundaan pertandingan.

Jika diketahui pada saat akan bertanding satu tim tidak sama dengan atau kurang dari 4 pemain, maka secara otomatis penyelenggara atau panitia yang bertugas selama pertandingan bola voli akan menganggap tim gugur tanpa harus memulai permainan.
Setiap masing-masing tim akan diberikan hak untuk bermain bola maksimal tiga kali.

Seorang yang sedang berada dalam pertandingan dilarang atau tidak diperbolehkan untuk bermain bola pada satu waktu berturut-turut.
Seperti permainan bulu tangkis, permainan bola voli pada permainan selalu dimulai dengan coin toss. Apa yang dimaksud dengan coin tosscoin toss atau lemparan koin merupakan langkah melemparkan koin ke udara, kemudian wasit akan menangkap kembali koin tersebut dalam keadaan ditutupi oleh tangan wasit. 
Kedua perwakilan dari masing-masing tim akan menebak apakah gambar akan muncul di tangan wasit. Jawaban tim yang benar memiliki hak untuk memulai servis pertama.

Ketika akan servis, salah satu pemain yang memiliki peran sebagai server harus segera mempersiapkan diri di garis luar di tepi belakang lapangan.

Setelah itu pemain harus melempar bola voli ke udara, setelah pemain ditugaskan untuk melakukan servis ini akan memukul bola sampai bola memantul dan jatuh menyeberangi net atau jatuh di daerah lawan. 

Ketika melakukan servis bola keluar dari garis lapangan bermain maka wasit akan menyatakan bahwa servis ini keluar, dalam hal ini istilah ini out, dan jika itu terjadi poin akan bertambah untuk lawa. Jadi, jika Anda bermain voli selalu mencoba agar servis Anda masuk ke area lapangan lawan.

Ketika bola servis berhasil masuk pada daerah lawan, maka tim lawan akan menerima bola servis atau bola juga dapat ditahan seperti dengan melakukan passing.

Apakah Anda tahu apa itu passing? Passing merupakan salah satu teknik dalam permainan voli menggunakan dua lengan bersama-sama ke arah depan dan pada situasi yang mendesak dalam pertandingan. Proses penerimaan hasil servis bola voli atau tidak, dapat dilakukan dengan menggunakan setiap anggota tubuh kecuali menendang seperti dalam olahraga pertandingan sepak bola.

Jika satu tim telah memenangkan pertandingan di dua set langsung, maka permainan tidak dilanjutkan. Namun jika tim Anda dan tim lawan tidak memenangkan pertandingan voli untuk dua set langsung, maka permainan dinyatakan perlu dilanjutkan dengan penambahan set. Dan ketika kedua tim memenangkan satu set masing-masing maka pertandingan berikutnya akan ditambahkan satu set ekstra.

Berbeda dengan bulu tangkis, sistem poin perhitungan dari setiap pertandingan bola voli adalah 25 rally point. Jadi, jika suatu ketika kedua tim mendapatkan poin 24-24 seri, maka deuce. Karena akan diadakan pertandingan lagi dengan penambahan dua angka titik berikutnya. Jika ada satu tim pemenang pertama dengan selisih dua poin, tim menjadi pemenang. 

Misalnya, ada pertandingan bola voli antara tim A dan tim B, ketika sebuah tim pertandingan A dan tim B skor seri, yaitu 24-24. Pertandingan akan dilanjutkan sampai ada perbedaan dari dua poin di antara mereka. Jika tim A mendapatkan 26 poin dan tim B tetap dengan 24 poin maka tim A keluar sebagai pemenang. Bagaimana jika Tim A mencetak 26 dan tim B juga 26? Jadi, siapa yang memenangkan pertama 28 poin dengan tim masih di titik 26 akan keluar sebagai pemenang.

Dalam pertandingan babak penyisihan, nilai 1 akan diperoleh pada tim pemenang. Jadi, ketika ada dua atau lebih tim dari dua tim mendapatkan nilai yang sama, penentuan siapa yang tim bisa menjadi juara grup dan yang tim akan mendapatkan runner-up akan diadakan dengan pemandangan kualitas nomor di setiap tim, yang masing-masing memiliki permainan tim.
Ketika waktu-out pada tiap babak, hanya terjadi sekali waktu keluar dan dengan durasi hanya 1 menit saja.

Seperti di sepak bola dan bulu tangkis, permainan Setiap tim olahraga bola voli adalah sisi wajib bertukar lawan dari lapangan dengan tim pada saat putaran berakhir.
Jika ada penentuan pemenang atau hanya setengah-setengah sampai tiga, maka tim yang mencetak paling tidak mampu untuk meminta bidang pertukaran untuk tim lawan jika jumlah 13 sudah dimenangkan oleh tim lawan.

Dalam permainan bola voli, ada juga sistem menghitung angka yang Anda perlu tahu setiap pemain. Scoring oleh tim lawan yang terjadi jika tim lawan bisa memasukkan bola ke daerah bidang kita dan kita tidak bisa mengembalikannya atau terjebak dalam jaring maka tim lawan akan mendapatkan poin. Selain itu, tim lawan akan mendapatkan poin serta servis tim kami yang tidak jatuh melalui internet atau di luar lapangan.


2. Pemain Peraturan

Inti dari permainan ini adalah permainan voli sebenarnya dilakukan oleh dua tim dan satu tim memiliki pemain sebanyak 6 orang. Kedua tim bersaing dan strategi yang ditetapkan untuk tim mereka dapat mencapai nilai akhir, yaitu 25, pertama. Berikut adalah aturan pemain:

Ada empat peran utama dalam permainan bola voli adalah spiker, tosser, defender dan libero.
Tosser dalam permainan voli memiliki tugas sebagai pengumpan bola ke rekan satu tim dan menjabat sebagai kursus set bola permainan.

Spiker memiliki tugas yang berbeda dari toser, spiker memiliki tugas dan peran utama sebagai ditunjuk pemukul sehingga bola mendarat di tanah permainan lawan dan lawan tidak dapat mengembalikan bola yang telah smash oleh spiker.

Tim Libero menjabat sebagai pemain bertahan. Keuntungan dari ini adalah pemain libero mereka bisa bebas dan keluar, tetapi mereka tidak memiliki hak untuk smash bola ke tim lawan. Untuk smash bola adalah tugas spiker.

Defender bertindak sebagai bek, tetapi perbedaan dengan libero, pemain ini lebih ke arah bertahan terakhir dari serangan lawan.
Untuk menjadi pemain tosser, pemain harus mampu mengandalkan nalurinya yang baik atau bahkan sempurna. 
Hal ini karena tuntutan dari permainan olahraga bola voli. 

Seorang tosser harus mampu menciptakan dan membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan dengan cepat. Keputusan harus dibuat secepat mungkin ketika ia menerima bola. Semua yang terjadi di tosser hanya berlangsung selama sepersekian detik, sehingga mereka harus berpikir cepat.

Sumber : https://gurupenjaskes.com/peraturan-dalam-permainan-bola-voli