Berbagai Manfaat Olahraga

Berbagai Manfaat Olahraga

Barkabar.com : Ada berbagai manfaat olahraga yang dapat dirasakan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup.

Dengan olahraga teratur, banyak manfaat olahraga bisa langsung mendapatkan. Selain itu, ada banyak manfaat dari latihan Anda bisa mendapatkan nanti dalam jangka panjang. Olahraga adalah gerakan tubuh bekerja yang memberikan efek keseluruhan pada tubuh. Latihan, seperti berjalan, berlari, menari, berenang atau yoga, merangsang otot-otot dan berbagai bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Berbagai Manfaat Latihan untuk Tubuh Sehat

Latihan adalah obat ajaib yang bisa mendapatkan dengan mudah tanpa biaya mahal, tetapi sering diabaikan, menyebabkan berbagai keluhan kesehatan. Meski begitu, belum terlambat untuk mulai berolahraga. Apa pun usia Anda, bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membuat Anda memiliki tubuh sehat dan bahagia. Penelitian bahkan membuktikan bahwa gaya hidup yang tidak aktif lebih berbahaya untuk kesehatan daripada obesitas.
Beragam manfaat olahraga bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan, di antaranya adalah:

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke
Olahraga rutin setiap hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, sebab olahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

2. Mengendalikan diabetes
Olahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh, sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes tipe 2.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Dengan berkurangnya lemak tubuh, terjadi juga penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.

4. Mencegah nyeri punggung
Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung.  

5. Menangkal obesitas
Aktivitas fisik teratur mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit. Olahraga juga sudah terbukti sebagai salah satu cara melangsingkan tubuh yang alami dan efektif.

6. Menunda keterbatasan fisik di usia tua
Latihan, seperti berjalan atau latihan aerobik lainnya, terbukti menunda timbulnya kecacatan pada orang tua.

7. Meminimalkan risiko osteoporosis
Latihan dengan angkat beban secara teratur dapat membantu proses pembentukan tulang, sehingga mencegah berbagai gangguan tulang dengan usia, seperti osteoporosis.
Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat latihan ini tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup. Beberapa dari mereka adalah:

1. Peningkatan suasana hati
Ketika Anda merasa stres, atau memiliki mood yang buruk setelah hari yang menegangkan, kemudian berjalan cepat selama 30 menit atau ke gym dapat membantu meningkatkan mood Anda. Latihan dapat merangsang kimia dalam otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai.Bahkan, latihan juga dianjurkan bagi mereka dengan patah hati.

2. Tumbuh kepercayaan
Latihan dilakukan secara teratur juga bisa membuat Anda lebih percaya diri tentang penampilan Anda.

3. Mengatasi stres
Sebuah studi tentang efek psikologis dari latihan mengungkapkan bahwa aktivitas dapat mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres. Ketika, tubuh juga akan terlindungi dari berbagai gangguan, mulai dari buang air besar sters bawah kontrol tidak lancar gangguan kardiovaskular.

4. Membuat tidur malam yang baik
Apakah Anda memiliki kesulitan tidur di malam hari atau sering terbangun di malam hari? Olahraga teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan tidur. Tapi menghindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

5. Memulihkan gairah seksual
Apakah Anda sering terlalu lelah atau merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuh ketika mereka akan melakukan hubungan seks? Mulai berolahraga untuk mendorong dan memperoleh penampilan tubuh yang lebih baik. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan gairah pada wanita dan mengurangi risiko disfungsi ereksi pada pria. Jika Anda dan pasangan Anda berencana untuk hamil, ada beberapa jenis latihan untuk mendapatkan cepat hamil yang bisa dilakukan.

6. Nikmati waktu yang menyenangkan
Olahraga dan aktivitas fisik adalah salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Juga dapat membantu memperkuat hubungan dengan keluarga dan teman-teman saat melakukannya bersama-sama.

Berapa Banyak Waktu Olahraga Membawa?

Jika Anda saat ini tidak digunakan untuk berolahraga dan aktif sepanjang hari, mulai melakukan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan denyut jantung Anda. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat selama 1-2 jam per minggu, atau sekitar 15-20 menit per hari akan mengurangi risiko berbagai penyakit.
Secara umum, orang dewasa berusia 19-64 tahun membutuhkan dua jenis olahraga, olahraga yaitu aerobik dan latihan untuk meningkatkan kekuatan otot. Total waktu latihan yang dibutuhkan adalah sekitar 150 menit per minggu. Anda dapat berbagi dalam beberapa hari. Misalnya, 30 menit per hari, 5 hari seminggu.
Latihan aerobik bisa dilakukan bersepeda atau berjalan cepat, dan naik tangga. Tanda-tanda bahwa latihan aerobik Anda melakukannya dengan benar adalah ketika detak jantung meningkat dan Anda berkeringat.
Di antara latihan aerobik, diselingi dengan latihan untuk memperkuat otot-otot kaki, pinggul, perut, dada, bahu, dan lengan. Kekuatan pelatihan sangat membantu untuk meningkatkan energi dan stamina, membantu Anda tidur lebih baik, meningkatkan mood, dan meningkatkan metabolisme.

Berikut adalah beberapa contoh latihan kekuatan otot yang dapat Anda lakukan di rumah :

Posisi Plank
The rawan posisi menghadap lantai seperti push-up, dengan tubuh alas pada lengan dan kaki. Kaki dan tubuh berada dalam posisi lurus seperti papan, tahan selama 30 sampai 45 detik, kemudian istirahat. Ulangi gerakan ini 5 kali. Manfaat dari gerakan ini adalah untuk memperkuat otot-otot perut, punggung, dan 
Baca selengkapnya Manfaat Rutin Melakukan Olahraga Plank

Gerakan Jongkok
Berdiri tegak, kaki selebar bahu dan jari-jari kaki menunjuk lurus ke depan. Tekuk lutut Anda, tubuh bagian bawah dan pantat dorong ke arah belakang seperti yang akan duduk sampai Anda selaras dengan bokong lutut dan kaki membentuk sudut 90 derajat. Make tumit sebagai berat badan Anda, kemudian kembali ke posisi Ulangi gerakan ini 25 kali, total 5 set. Gerakan ini adalah untuk memperkuat otot-otot paha belakang dan bokong.

Gerakan-gerakan seperti push-up dan sit up juga dapat dilakukan untuk melatih otot-otot Anda. Selain itu, otot-otot tubuh dapat dilakukan melalui cara-cara sederhana seperti naik turun tangga, berjalan ke pekerjaan jika mungkin, atau dengan melakukan latihan peregangan di antara waktu kerja untuk memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan energi Anda dan kinerja Anda. Apa pun jenis olahraga yang Anda pilih, pastikan untuk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik Anda. Mencapai manfaat olahraga demi kualitas hidup yang lebih baik. Selamat berolahraga!

Baca Juga : Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Berolahraga
Sumber : https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga