Kurangi Stres dengan Berolahraga

Kurangi Stres dengan Berolahraga



Barkabar.com : Banyak faktor yang dapat memicu terjadinya stres, salah satunya ialah penumpukan pekerjaan. Anda harus berhati-hari karena stres dapat menurunkan kesehatan tubuh. Jangan sampai Anda terserang penyakit akibat stres.

Ada berbagai cara untuk tetap menjaga agar Anda terhidar dari stres, salah satunya adalah dengan berolahraga. Tak hanya memberi manfaat untuk kesehatan fisik. Namun nyatanya olahraga dapat meperbaiki suasana hati, mengurangi stres, bahkan olahraga dapat mengatasi gejala depresi pada tingkat ringan.

Sebagian besar mungkin memiliki pemikiran, apa hubungan antara stres dengan olahraga? Jika diamati olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik, sedangkan stres berhubungan dengan kodisi mental.

Dengan adanya pertanyaan tersebut para ilmuan mencoba untuk mencari korelasi antara keduanya, hasilnya bahwa stres dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Dapat diamati bahwa orang yang sedang dalam kondisi stres biasanya mengalami susah tidur serta penurunan nafsu makan. Ini dikarenakan dalam tubuh manusia, terdapat sebuah saraf yang disebut dengan saraf simpatik atau hypothalamic pituitary adrenal, dalam hal ini saraf simpatik bertanggung jawab untuk merespon stres yang mana menjadikan fungsi tubuh menurun secara drastis. Tidak heran bahwa saat mengalami stres, maka kondisi tubuh pun ikut melemah. Gawatnya bila stres dibiarkan berlarut-larut akan mendatangkan masalah kesehata yang lebih serius.

Melakukan aktifitas fisik seperti olahraga merupakan cara yang ampuh untuk membuat hormon dan saraf stres tersebut menjadi stabil, saat melakukan olahraga otomatis organ dalam tubuh akan bekerja, seperti otot menegang, meningkatnya tekanan darah, serta bertambahnya irama jantung. Itulah yang membuat seluruh hormon dan saraf menjadi normal kembali. Demikianlah cara olahraga dapat mengatasi stres.

Dibawah ini 5 jenis olahraga yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres :

Yoga
Yoga menuntut melakukan gerakan dengan memfokuskan pikiran, sehingga dengan perlahan pikiran Anda pun menjadi lebih tenang.

Aerobik
The America Countil on Exercise (ACE) bekerjasama dengan Asosiasi Psikologis Amerika (APA) menyatakan bahwa olahraga khususnya Aerobik dapat membantu meredakan stres. Lakukan minimal 30 menit setiap 5 kali dalam seminggu untuk mengeluarkan perasaan positif dalam tubuh.

Olahraga yang Bersifat Rekreasi
Olahraga rekreatif yang dimaksud ialah olahraga yang bersifat menyenangkan seperti bulu tangkis, tenis, bola voli, dan renang. Beberapa jenis olahraga tersebut pula tidak terlalu menguras tenaga maupun meningkatkan adrenalin, sehingga baik untuk menurunkan tingkat stres.