10 Tenik Dasar Sepak Bola Bagi Pemula yang Harus Dikuasai!

10 Tenik Dasar Sepak Bola Bagi Pemula yang Harus Dikuasai!



Barkabar.com :

1. Dribbling (Menggiring Bola)

Tenik ini merupakan teknik yang paling dasar yang wajib kamu kuasai sembelum Anda belajar tenik yang lain. Dribbling dilakukan dengan cara membawa dan mengontrol laju bola menggunakan kaki.

a. Speed Dribbling dan Closed Dribbling

Speed Dribbling merupakan tekni dimana kamu berlari, membuang bola ke depan lalu mengejarnya. Sedangkan Closed Dribbling merupakan tenik menggiring dan mengotrol bola dengan seksama, dapat dilakukan ketika kamu dihimpit oleh lawan.

Selain dari itu, teknik dasar dalam dribbling dapat dilakukan denga menggiring dengan punggung kaki, kaki bagian dalam dan kaki bagian luar.

b. Dribbling Menggunakan Punggung Kaki

Berikut merupakan tahapan teknik menggiring dengan punggung kaki :

Luruskan pandangan mata ke depan
Taruh bagian punggung kaki di ujung bola
Dorong bola menggunakan punggung kaki
Ulangi beberapa kali, lalu hentikan dengan telapak kaki.


c. Dribbling Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Ini teknik yang dilakukan dengan :

Meluruskan pandangan ke depan
Putar pergelangan kaki ke arah luar
Selanjutnya mulailah dorong bola menggunakan kaki bagian dalam.
Ulangi beberapa kali, lalu hentikan dengan telapak kaki.

d. Dribbling Menggunakan Kaki Bagian Luar

Teknik menggiring bola dengan kaki bagian luar dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan teknik menggiring menggunakan kaki bagian dalam, yang membedakan hanya bagian kaki yang digunakan. Pada teknik ini kita menggunakan kaki bagian luar.



2. Shooting (Menendang Bola)

Teknik yang harus Anda kuasai selanjutnya ialah teknik Shooting atau menendang. Shooting digunakan untuk membobol gawang lawan atau untuk melakukan passing yang dibahas setelah teknik ini.

Sama halnya dengan dribbling dalam teknik shooting juga dapat digunakan tiga bagian kaki yaitu punggung kaki, bagian dalam kaki, serta bagian luar kaki.

Ketiga tekni dapat dilakukan dengan cara memfokuskan pandangan pada target atau sisi gawang yang dituju, memposisikan badan, taruh salah satu kaki pada samping bola dan kaki lainnya untuk menendang bola.

Tahap selajutnya fokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki yang akan digunakan untuk menendang dengan pandangan tetep terarah pada target.



3. Passing (Mengoper Bola)

Saat berada dalam permainan sepak bola Anda akan bermain dengan 10 (kecuali kiper) teman yang siap untuk membantu anda. Maka dari itu passing merupakan teknik yang penting untuk dikuasai agar terjalin suatu kerja sama yang baik.

Teknik ini bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu passing jarak pendek, panjang atau through pass, dan jauh atau biasa disebut dengan umpan lambung.

Passing dilakukan dengan memposisikan badan menghadap bola, fokuskan kepada pemain yang akan Anda oper, selanjutnya tarik dan ayunkan kaki yang akan digunakan untuk menendang bola menuju pemain yang ditargetkan. Sesuaikan power (kekuatan) kaki Anda sesuai dengan jarak pemain yang dituju.




4. Menghentikan Bola

a. Menghentikan Bola Menggunakan Kaki

Fokuskan pandangan ke arah datangnya bola, kemudian hentikan dengan menggunakan bagian-bagian kaki tergantung kepada arah datangnya bola.

b. Menghentikan Bola Menggunakan Dada

Fokuskan pandangan ke arah datangnya bola, sesuaikan badan dengan memaju atu memundurkan badan, lebarkan kedua tangan dan dada, kemudian tahan bola menggunakan dada.

c. Menghentikan Bola Menggunakan Paha

Hampir sama dengan teknik menghentikan bola yang lainnya, hanya saja saat bola datang angkat satu kaki Anda dan tahan bola menggunakan paha. Gerakan sedikit agar bola dapat jatuh secara sempurna dihadapan Anda.

5. Heading (Menyundul Bola)

Teknik ini berguna saat Anda tidak dapat mencapai bola yang terlalu tinggi serta bisa juga digunakan untuk menjebol gawang lawan tidak hanya itu heading juga dapat digunakan untuk passing.

Anda perlu mengatur posisi dan waktu yang tepat untuk lompat menyambut bola. Selanjut gunakan dahi untuk menyundul bola, bukan menggunakan ubun-ubun. Supaya bola memiliki power dan terarah.



6. Intercepting (Merebut Bola)

Ketika ingin merebut bola di kaki lawan, Anda dapat menggunakan teknik intercepting. Agar dapat melakukan teknik Anda harus bisa membaca pergerakan lawan. 

Ini merupakan tenik dasar yang penting untuk dikuasai, namun Anda harus hati-hati saat menggunakanya. Jangan sampai Anda malah merebut kaki lawan bukan bolanya. Karena Anda dapat dikenai pelanggaran berupa kartu kuning bahkan merah. Oleh sebab itu Anda harus bisa membaca pergerakan lawan dengan baik.



7. Menyapu Bola

Tenik ini merupakan teknik yang digunakan untuk bertahan dari serangan lawan, namun teknik ini mempunyai resiko yang cukup besar. Anda bisa saja menciderai kaki lawan. Anda betul-betul harus menentukan timing yang tepat agar bola berhasil direbut.

Seimbangkan kecepatan Anda dengan kecepatan lawan kemudian jatuhkan badan dengan meluruskan satu kaki yang berguna untuk menaha laju bola.



8. Lemparan ke Dalam

Ketika bola keluar lapangan (out) dari sisi kanan atau sisi kiri, Anda harus melakukan lemparan kedalam dengan melepar menggunakan kedua tangan serta posisikan kedua tangan di belakang kepala.

Anda juga bisa melakukan lemparan kedalam dengan menjinjitkan kaki agar lemparan lebih bertenaga.

9. Goalkeeping (Menangkap Bola)

Goalkeeping atau menangkap bola merupakan teknik khusus untuk Anda yang bermain diposisi kiper (penjaga gawang).

Anda sangat perlu melakukan latihan refleks menangkap bola ke kiri dan kanan, Anda juga perlu memiliki power yang kuat dalam menendang bola.



10. Juggling Bola

Juggling dapat Anda lakukan untuk menunjukan kelihaian dalam bermain bola. Ini bisa dilakukan untuk mengontrol bola atau dapat dilakukan untuk mengecoh lawan di lapangan.

Agar dapat melakukan tekni ini Anda bisa memulainya dengan melakukan latihan rutin, fokuskan pandangan ke arah bola, kemudian tarik bola menggunakan telapak menuju ujung kaki. Saat bola sudah menyentuh ujung kaki, angkat kaki agar bola juga ikut terangkat. Tetap fokus serta usahakan bola tidak jatuh ke tanah.

Sumber : https://www.tokopedia.com/blog/teknik-dasar-sepak-bola/