Berbagai Khasiat Jahe

Berbagai Khasiat Jahe



Barkabar.com : Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale Rosc. Namun diberbagai daerah jahe juga disebut sebagai : 

Jahe (Sunda)
Jae (Jawa)
Sipodeh (Minang)
Melito (Gorontalo)
Jahya (Bali)
Jhai (Madura)
Lia (Flores)
Goroka (Ternate)
Late (Timor)

Ciri Jahe Pada Umumnya

Jahe merupakan tanaman herbal semusim yang memiliki tinggi 40 sampai dengan 50 cm. Batangnya semu, beralur, membentuk rimpang, serta berwarna hijau. Mempunyai daun tunggal membentuk lanset, tepian rata, berujung runcing, pangkal tumpul, serta berwarna hijau tua.

Bunga majemuk, berbentuk bulir, ujung runcing, sempit, memiliki panjang sekitar 3,5 hingga 5 cm, sedangkan lebar 1,5 sampai 2 cm, mahkota berbentuk corong dengan panjang 2 sampai 2,5 cm serta berwarna ungu. Berbuah kotak, berbentuk bulat panjang serta berwarna cokelat. Sedangkan biji berwarna hitam dan berbentuk bulat.

Kandungan Kimia pada Jahe

Dalam jahe terdapat minyak atsiri sekitar 1 sampai 3 persen. Zingiberen dan zingiberol merupakan komponen utama minyak atsiri yang menyebabkan bau harum pada jahe. Sedangkan rasa pahit berasal dari oleoresin. Ini juga menyebabkan rasa pedas yang tidak menguap.

Komponen oleoresin jahe terdiri atas gingerol dan zingiberen, shagaol, minyak atsiri dan resin. Sumber rasa pedas yang utama adalah dari zingerol.

Khasiat yang Didapat dari Jahe

Jahe sejak jaman dahulu digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai obat bahkan digunakan untuk keperluan lainnya.

Untuk bumbu masakan jahe berkhasiat untuk memperkuat lambung, memperbaiki pencernaan dan untuk menambah nafsu makan. Ini karena minyak atsiri yang dikeluarkan jahe menyebabkan selaput lendir perut besar dan usus menjadi terangsang.

Harum khas jahe meringkankan mual dan muntah untuk yang mabuk kendaraan atau wanita yang sedang hamil muda. Selain itu rasa yang tajam memperkuat otot usus, menolong mengeluarkan gas usus serta membantu fungsi jantung. Pengobatan tradisional Asia menggunakan jahe untuk mengobati batuk, diare, selesma serta radang sendi tulang seperti artritis. Untuk meningkatkan pembersihan tubuh melalui keringat.

Manfaat jahe dibuktikan dalam penelitian modern, diantaranya :

Hipertensi (Menurunkan Tekanan Darah)

Jahe membantu merangsang hormon adrenalin serta memperlebar pembuluh darah, ini mengakibatkan pembuluh darah melebar sehingga meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

Memperbaiki Pencernaan

Membantu mencerna lemak dan protein sebab jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease serta lipase.

Mengatasi Penyumbatan Pembuluh Darah

Penggumpalan darah yang akan menimbukan serangan jantung serta stroke akan ditangani oleh zingerol yang mempunyai bersifat antikoagulan.

Mencegah Mual

Jahe mampu menghalang serotonin, yaitu senyawa yang membuat perut mengalami kontraksi mengakibatkan rasa mual.

Lambung menjadi Lebih Nyaman

Membantu mengeluarkan angin dan menghilangkan kram perut.

Membuat Netral Radikal Bebas

Radikal bebas yang merusak dinetralkan oleh jahe yang memiliki antioksidan.

sumber : http://perjalanan-dunia.blogspot.com/2012/03/khasiat-jahe_01.html