Kuliner Dekat Bandara : Sup Ubi Mamuju

Kuliner Dekat Bandara : Sup Ubi Mamuju



Barkabar.com : Cukup menarik perhatian sebuah rumah makan dengan spanduk berwarna merah muda di belakang bandara udara Tampa Padang, Mamuju. Mengapa bisa disebut menarik perhatian? Karena salah satu menu yang disuguhkan cukup unik, yaitu sup ubi.

Rumah makan ini didirikan semenjak tahun 2011, pada awalnya sup ubi tidak disediakan. Namun Mariana Rahma selaku pemilik rumah makan memiliki  inisiatif untuk memasukan sup ubi ini kedalam menu agar dapat memberikan sesuatu yang unik pada pelanggan.

Dahulu, ubi kayu yang digunakan dimasak bersama dengan bahan sup yang lain sampai kuah mengental, karena tidak semua pelangganya suka maka Mariana melakukan sedikit perubahan pada resep. Ia menggoreng secara terpisah ubi kayu dengan kaldunya. Seiring berjalannya waktu ternya ubi kayu tersebut kurang diminati pelanggan kemudian ia menggantinya dengan ubi manis dan ini disukai oleh pelanggan bahkan banyak yang hanya membeli ubi manis gorengnya saja.

Suatu yang membuat rumah makan ini berbeda dengan yang lain adalah bahan ubi yang digunakan merupakan ubi yang sudah mulai bertunas, dengan demikian ubi akan terasa lebih manis. Adonan tepung pun dibuat tipis dan renyah. Menu yang menjadi favorit pelanggan ini dibandrol dengan harga Rp. 15.000 per porsinya. Hal yang disayangkan semenjak ia tidak dapat tempat di dalam bandara pelanggannya sedikit berkurang. Banyak pula yang menjual sup ubi seperti miliknya bahkan mantan karyawannya membukan tempat makan yang menyediakan menu yang sama.

Sumber : http://kulinerbangsakoe.blogspot.com/2018/03/sop-ubi-masakan-khas-mamuju.html#more