Mengenal Macam-macam Pelanggaran yang Sering Dilakukan dalam Sepak Bola

Mengenal Macam-macam Pelanggaran yang Sering Dilakukan dalam Sepak Bola



Barkabar.com : Olahraga yang terkenal di seluruh dunia diantaranya ialah sepaka bola. Namun yang disayangkan adalah dalam cabang olahraga ini sering kali terdapat pelanggaran, baik itu secara sengaja atau tidak.

Bagi Anda yang baru mengenal dunia persepak bolaan, berikut merupakan pelanggaran yang sering terjadi :

Macam-macam Pelanggaran

1. Penalty Kick

Penalty kick atau biasanya kita kenal dengan tendangan penalti adalah merupakan pelanggaran yang diberikan karena pemain bermain terlalu kasar atau berlaku kasar terhadap pemain lain, menyentuh bola dengan tangan dan pelanggaran lainnya.

2. Handsball

Pelanggaran ini terjadi apabila lengan pemain menyentuh bola saat permainan sedang berlangsung. Biasanya dilihat dari indikasi jika bola mengenai lengan bagian atas, pergelangan tangan atau dengan sengaja memegang bola menggunakan tangan.

Hukuman akan dijatuhkan kepada seluruh pemain utama dan kiper. Salah satu sanksi berupa tendangan penalti.

3. Pushing (Mendorong)

Mendorong merupakan salah satu pelanggaran yang sering dilakukan, yang mana pelanggaran ini merupakan pelanggaran tindakan disiplin maka wasit akan memberikan hukuman. Ringan berat nya hukuman tergantung kepada kondisi pemain yang dilanggar.

4. Swearing (Berkata Kasar)

Pelanggaran berupa swearing atau berkata kasar masuk pada jenis pelanggaran kategori berat. Umumnya pemain yang melakukannya akan dikenakan tindakan pendisiplinan atau diberi peringatan.

5. Spitting (Meludah)

Berbeda dengan berkata kasar, spitting atau meludah merupakan pelanggaran kategorin ringan.

Akan tetapi jangan menyepelekan tindakan spitting, karena jika dilakukan secara berulang beberapa kali akan masuk dalam kategori berat. Pemain yang melakukan pelanggarn berat akan dikeluarkan saat permainan berlangsung.

Istilah Pelanggaran

1. Red Card (kartu Merah)

Red Card atau kartu merah biasanya digunakan untuk memberi peringatan pada pemain yang melakukan perlanggaran berat.

Pelanggaran yang biasanya berakhir dengan kartu merah adalah tindakan tidak sportif seperti bermain curang, Pushing (mendorong) dan swering atau mengumpat.

2. Yellow Card (Kartu Kuning)

Istilah yellow card atau kartu kuning digunakan untuk jenis pelanggaran ringan seperti offside, handsball dan pelanggaran ringan lainnya.

Sumber : https://askgeriatric.com/jenis-pelanggaran-dalam-sepak-bola/